Perhitungan Biaya Pengiriman Kontainer Dari Beberapa Jasa Cargo

Perhitungan Biaya Pengiriman Kontainer Dari Beberapa Jasa Cargo– Kontainer atau peti kemas merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengemas barang dan bisa digunakan berulang kali, Arti dari kontainer sendiri kalau dibahasa Indonesiakan akan sedikit rancu namun jika dijabarkan secara bebas ini bisa berarti muatan yang dibungku dalam peti dengan ukuran yang.

Dengan ukuran yang hampir sama atau sudah fixed, Semua moda transportasi kargo baik itu kapal, truk, kereta api maupun pesawat bisa menggunakan dengan cepat dan efisien.

Kontainer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis menurut ukurannya, sebagai berikut :

  • 20′ (20 feet), kapasitas angkut kurang lebih 33 CBM dan 20 ton
  • 40′ (40 feet), kapasitas angkut kurang lebih 60 CBM dan 27 ton
  • 40′ High Cube (40 feet HC), kapasitas angkut kurang lebih 76 – CBM dan 29 ton
  • 45′ High Cube (45 feet HC), kapasitas angkut kurang lebih 86 CBM dan 30 ton

Tidak hanya dibagi berdasarkan ukuran, kontainer juga memiliki beberapa fungsi menurut barang yang akan dimuat , jenisnya sebagai berikut :

Biaya Pengiriman Kontainer
  • General Container, yaitu KONTAINER yang digunakan untuk mengangkut barang-barang umum (general cargo), meliputi : General Purpose Container, Open Side Container, Open-Top Container, Ventilated Container.
  • Thermal Container, yaitu kontainer yang dilengkapi dengan pengatur suhu untuk tujuan tertentu. Yang termasuk kontainer jenis ini adalah : Insulated Container, Reefer Container, Heated Container.
  • Tank Container, adalah kontainer berbentuk tangki yang ditempatkan di dalam kerangka peti kemas. Kontainer jenis ini biasanya untuk muatan cair (bulk liquid) dan gas (bulk gas).
  • Dry Bulk Container, kontainer jenis ini merupakan general purpose container yang dipergunakan khusus untuk mengangkut muatan curah (bulk cargo), tetapi untuk memuat atau membongkar muatan tidak melalui pintu depan seperti pada umumnya melainkan melalui pintu (lubang) di bagian atas kontainer, sedangkan untuk mengeluarkan muatan melalui pintu (lubang) di bagian bawah. Lubang di bagian atas tersebut bisa juga digunakan untuk mengeluarkan muatan dengan cara dihisap (pressure discharge).
  • Platform Container, merupakan kontainer yang hanya terdiri dari lantai dasar dan atau ditambah tiang / dinding penyangga saja. Kontainer jenis ini biasanya untuk barang-barang yang over dimension seperti mesin, trafo, dll.
  • Special Container, yaitu kontainer yang khusus dibuat untuk muatan tertentu, misal muatan ternak hidup, mobil, dll.

Setelah tau jenis – jenis kontainer Bagaimana menentukan Biaya Pengiriman Kontainer. Untuk hal ini secara umum biasanya para pemilik usaha menggunakan beberapa macam tarif seperti door to door, port to port atau Door to port. Masing – masing layanan memiliki tarif yang berbeda.

Selain itu penggunaan Jenis kontainer juga bisa mempengaruhi berapa harga yang akan ditentukan, misalnya mengirim barang menggunakan kontainer 20feet lebih murah dari pada ketika anda memilih kontainer 40feet. Oleh karena itu anda harus bijak memilih jenis kontainer mana yang akan anda gunakan karena berpengaruh pada Biaya Pengiriman Kontainer nantinya.

Saya kasih contoh nih pengiriman kontainer dengan panjang 40 feet dari Jakarta menuju Belitung dengan layanan door to door tarifnya adalah 18 juta dengan estimasi pengiriman adalah 4-7 hari. Semakin jauh dari lokasi pengiriman bisa dipastikan harganya juga akan naik.

Jadi Bagaimana sudah ada sedikit gambaran kan bagaimana memperkirakan Biaya Pengiriman Kontainer untuk usaha, namun jika anda bingung bisa langsung kok menghubungi jasa Kargo kontainer di kota Anda.

Sekian dari saya semoga artikel ini memberikan informasi yang dibutuhkan. Terima kasih sudah membaca, sampai jumpa lagi di artikel saya selanjutnya.