Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

100 Kumpulan Gambar Dan Kata Hari Jumat Dan Malam Jumat Terlengkap

10 min read

Kata Hari Jumat

Kumpulan Kata – 100 Kumpulan Gambar Dan Kata Hari Jumat Dan Malam Jumat Terlengkap,

Malam jumat atau Hari Kamis Malam menjadi malam yang keramat bagi banyak orang, terutama bagi mereka yang muslim, karena ini adalah malam yang penuh rahmat. Banyak dari mereka yang melakukan tahlil, atau memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Dan beberapa orang juga melakukan Sunnah Rasullulah SAW, Banyak hal yang disunahkan ketika Malam Jumat datang. Bahkan Ada hadistnya pula.

Hadist Tentang Keistimewaan Hari Jumat

Keistimewaan Jumat sebagai hari agung pada dasarnya sudah ada pada beberapa surat dan hadist yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW bersama sahabat-sahabatnya. Berikut seperti yang tampak pada beberapa kutipan hadist berikut ini.

  • “ Hari baik yang paling baik ketika terbitnya matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu saat Adam diciptakan, Adam dimasukkan ke surga, dan kemudian beliau (Adam) dikeluarkan dari surga. Sementara hari kiamat tidaklah terjadi selain pada hari Jumat” (HR. Muslim).
  • “ Sesungguhnya Jumat adalah tuannya hari, serta hari yang paling mulia, paling agung disisi Allah SWT” (HR. Ibnu Majah; Hasan).

Kedua hadist riwayat diatas menerangkan bagaimana hari Jumat dianggap sebagai hari yang istimewa untuk muslim karena peristiwa besar Islam terjadi pada hari tersebut.

Namun, bukan berarti sebagai umat muslim mengkhususkan malam Jumat sebagai malam sakral dengan melakukan ibadah atau amalan tertentu yang tidak sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Sebagaimana telah disabdakan Rasulullah SAW pada Abu Hurairah: “Janganlah mengkhususkan malam Jumat dengan shalat tertentu dan janganlah mengkhususkan hari Jumat dengan berpuasa kecuali jika berpapasan dengan puasa yang mesti dikerjakan saat itu”

Amalan Sunnah di Malam Jumat

Amalan-amalan yang istimewa pada hari Jumat jika disebutkan cukup banyak jumlahnya. Amalan tersebut dapat dikerjakan pada malam Jumat sebelumnya, karena beribadah di malam hari diyakini lebih utama dan mudah menemukan konsentrasi. Namun, sebagian besar amalan sunnah yang dilakukan pada malam Jumat diantaranya adalah sebagai berikut.

Membaca Shalawat Nabi

Shalawat Nabi adalah salah satu cara kita sebagai umat muslim untuk memuji serta memuliakan Nabi yang telah menerangi jalan kita menuju keutamaan Islam. Membaca shalawat nabi sebanyak-banyaknya pada malam Jumat atau hari Jumat termasuk dalam amalan sunnah yang dianjurkan.

Keutamaan membaca shalawat nabi pada malam Jumat seperti diterangkan Rasulullah SAW adalah kedekatan umat muslim dengan Beliau kelak di surga.

“Perbanyaklah untuk membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barang siapa yang paling banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti” (HR. Baihaqi; Hasan Lighairihi).

Membaca Surat Al- Kahfi

Surat Al Kahfi termasuk surat yang memiliki keutamaan tertentu karena dianjurkan untuk dibaca pada setiap Jumat atau malam Jumat. Keutamaan membaca surat Al Kahfi dijelaskan pada beberapa hadist riwayat berikut ini.

  • “Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, maka dirinya telah diterangi oleh cahaya diantara dua hari Jumat” (HR. An Nasai, Baihaqi dan Al Hakim; Shahih).
  • “Barang siapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka terhadap dirinya akan dipancarkan cahaya antara dirinya dan Baitul Atiq” (HR. Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi; shahih). Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah bersabda:
  • “Barang siapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barang siapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudhu, lalu ia ucapkan: Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha anta, astaghfiruka wa atubbu ilaikh (Maha suci Engkau Ya Allah, segala pujian untuk Mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku senantiasa memohon ampun dan bertaubat pada Mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat”.

Hadist Sunnah Rasul Malam Jumat

Menurut mereka, istilah “Sunnah Rasul” yang populer di malam Jum’at adalah penghalusan dari hubungan suami istri.

Apakah yang melatar belakangi penyebutan Sunnah Rasul menjadi sebuah aktifitas panas ?

Benarkah malam Jumat sebagai malam yang dianjurkan untuk berhubungan?

Berikut ini beberapa jawabannya:

Ada perkataan yang dianggap hadits:

Barangsiapa melakukan hubungan suami istri di malam Jumat (Kamis malam) maka pahalanya sama dengan membunuh 100 Yahudi. [Dalam hadits yang lain disebutkan sama dengan membunuh 1000 atau 7000 yahudi.]

Ustadz Abdullah Zaen, M.A, seperti dilansir dari konsultasikonsultasisyariah.com, mengatakan belum pernah menemukan ayat Alquran atau hadis sahih yang menunjukkan anjuran tersebut. Jika ada yang menyampaikan hal tersebut maka dia diminta untuk menyampaikan dalil.

Hadits di atas tidak akan Anda temukan dalam Kitab manapun. Baik kumpulan hadits dhaif apalagi shahih. Artinya, hadits Sunnah Rasul pada malam Jumat tersebut, apalagi sama dengan membunuh 100 Yahudi, adalah bukan Hadits alias palsu yang dikarang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Ustadz Ammi Nur Baits, menambahkan, ada haditsnya shahih namun tidak mengatakan secara gamblang bahwa itu adalah hubungan suami istri yaitu:

Dari Aus bin Abi Aus radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan memandikan, dia berangkat pagi-pagi dan mendapatkan awal khotbah, dia berjalan dan tidak berkendaraan, dia mendekat ke imam, diam, serta berkonsentrasi mendengarkan khotbah maka setiap langkah kakinya dinilai sebagaimana pahala amalnya setahun.” (H.R. Ahmad, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah; dinilai sahih oleh Imam An-Nawawi dan Syekh Al-Albani)

Sebagian ulama mengatakan, “Kami belum pernah mendengar satu hadis sahih dalam syariat yang memuat pahala yang sangat banyak selain hadis ini.” Karena itu, sangat dianjurkan untuk melakukan semua amalan di atas, untuk mendapatkan pahala yang diharapkan.” (Al-Mirqah, 5:68)

Disebutkan dalam Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abu Daud, bahwa ada sebagian ulama yang mengartikan kata “memandikan” dengan ‘menggauli istri’, karena ketika seorang suami melakukan hubungan dengan istri, berarti, dia memandikan istrinya. Dengan melakukan hal ini sebelum berangkat shalat Jumat, seorang suami akan lebih bisa menekan syahwatnya dan menahan pandangannya ketika menuju masjid. (Lihat Aunul Ma’bud, 2:8)

Baca juga : Kata Kata Bijak Malam Minggu Untuk Status Dan Quote

Jika kita menganggap pendapat ini adalah pendapat yang kuat maka anjuran melakukan hubungan di hari Jumat seharusnya dilakukan sebelum berangkat shalat Jumat di siang hari, bukan di malam Jumat, karena batas awal waktu mandi untuk shalat Jumat adalah setelah terbit fajar hari Jumat.

Nah Bagaimana penjelasan di atas cukup jelas bukan, apa dan bagaimana yang harus dilakukan ketika Malam Jumat dan Hari Jumat datang, Bagi umat muslim.

Kumpulan kata kata hari jumat Terbaru

Selamat pagi, selamat hari Jumat. Jangan lupa menebar senyum dan ikhlas kepada orang di sekeliling kita. Dan angan lupa untuk mengawali hari ini dengan doa # Jumat berkah

Karena niat itu tidak terlihat. Maka perbaikilah tingkah laku kita, supaya orang paham bahwa niat kita benar-benar baik.

Selamat hari Jumat. Semoga doa-doa yang kita langitkan hari ini. Akan Allah kabulkan suatu hari nanti. Percayalah, tidak akan ada doa yang sia-sia selama kita percaya bahwa Allah adalah segalanya.   

Jumat berkah # Aku tidak takut doaku ditolak. Aku lebih takut kalau aku berhenti berdoa. 

Hari Jumat, adalah hari terbaik untuk berbuat baik. Namun jangan pernah menunggu hari baik untuk bisa berbuat baik. Selamat hari Jumat.

Tiada hari seindah Jumat. Tiada kata selain dzikir. Dan tiada ibadah selain sholat.

Lupakan aktifitasmu sejenak. Sekarang waktunya menghadap kiblat. Lelaki sejati semangat berangkat sholat Jumat. 

Sebaik-baiknya hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jumat. Padanya Adam diciptakan, dimasukkan ke surga dan dikeluarkan darinya. Serta kiamat tidak terjadi melainkan hari Jumat. 

Selamat hari Jumat. Semoga dipermudah urusan kita hari ini. Dibukakan pintu rejeki dan segala pintu kebaikan buat kita semua. Amin.

Hari Jumat ~ Bersyukur itu bukan hanya karena semuanya baik-baik saja. Tetapi juga ada sisi baiknya dimana semua yang terjadi.

Jumat Rindu. Waktunya move on. Mengalihkan rindu pada yang lebih pantas. Untuk di eindu, bukan kamu ataupun dia melainkan Allah dan rasulnya. 

Selamat hari Jumat. Berdoa tanpa bekerja itu adalah bohong. Bekerja tanpa berdoa itu adalah sombong.

Apapun yang kita lihat dan apa yang tidak terlihat pautnya kita syukuri agar ditambah keberkahan hari ini. Yang kita lihat entah itu keindahan, kebahagiaan, patutnya kita syukuri dan apapun yang tidak terlihat seperti halnya umur, dan nikmat yang tidak bisa kita mengetahuinya. Semoga di hari Jumat ini bertambah keberkahan.

Kumpulan Status Hari Jumat

Selamat menunaikan ibadah sholat Jumat bagi yang menjalankan. Selamat bekerja bagi yang masih bekerja. Selamat menjalankan apapun yang masih kalian kerjakan. Semoga keberkahan menyertai kita semua. 

Selamat hari Jumat, jangan patah semangat, menjalani hari yang kian membosankan.

Selamat hari Jumat, jangan lupa sholat Jumat. Agar hidupmu dipenuhi dengan rahmat. Sebagai bekal di akhirat.

Selamat hari Jumat. Semoga hidupmu berkah. Dan rindumu semakin merekah.

Selamat hari Jumat, semoga rindumu akan segera tersemat. Pada dia yang selalu kau ingat.

Selamat hari Jumat, jangan lupa cuci jimat. Agar semakin berkhasiat. 

Jumat berkah. Tiada hari yang indah. Kuterima segalanya sebagai anugerah. Iman dan taqwa, sebagai garis pandu di setiap langkah.

Jumat bijak. Jumatan dulu baru latihan. Karena badan atletis saja tidak cukup bisa masuk surga,,,

Jumat barokah...jangan lupa banyak berdoa, banyak sedekah dan banyak tersenyum

Jumat berkah...Semoga Allah senantiasa memudahkan segala urusan, memberikan keberkahan untuk setiap ikhtiar, dan membukakan pintu rezeki serta segala pintu kebaikan untuk kita semua. Amin

Kemuliaan seorang perempuan tidak terletak pada anggun parasnya melainkan pada akhlak yang senantiasa terjaga dan hati yang bisa memahami.

Hidup tidak akan pernah bisa mengakarjan kita untuk merasa cukup, selain kita masih sendiri yang belajar mencukupkan diri dalam segala hal.

Ketika permohonan juga belum dikabulkan. Dan cobaan selesai dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan perkiraan. Bukan karena Allah tidak mau mendengarmu. Justru Allah mendengar yang tidak kau ucapkan. Saat kamu memohon untuk yang dimudahkan. Sementara Tuhan Allah memberikanmu beserta kekuatan dan kesabaran di dalamNya. Berbaiksangkalah kepadaNya
JUMAT = Jangan Lupa Untuk Semakin Hebat

Jadilah orang yang  dermawan. Tapi jangan jadi seorang pemboros. Jadilah orang yang hidup sederhana, tapi jangan menjadi seorang yang kikir. 

Selamat hari Jumat berkah. Jangan lupa untuk selalu memperbaiki diri dengan ibadah. Semoga semua doa-doamu segera Allah ijabah. 

Jika kamu merasa tinggi. Periksalah batinmu. Mungkin dia sedang melayang kehilangan pijakan. Jika engkau merasa wangi, periksalah ikhlasmu, mungkin itu asap dari amal shalihmu yang hangus terbakar riya.  

Jumat berkah. Perbaiki ibadahmu, maka Allah akan memperbaiki rezekimu.

Andai insan tahu, tatkala cobaan menerpa adalah proses Alah menjawab seluruh atau sebagian doa. Bisa jadi, bukan gerutu namun sujud syukur menikmatinya. Hingga sebutan pun berubah.  

Sosok yang sempurna adalah akhlak seseorang. Dimana ia melakukan terbaik dari yang terbaik, tidak mendatangkan sifat pendendam. Melainkan ia tidak akan pernah melakukan ifat mempermalukan dirinya sendiri. Maka berbanggalah tetapi tetaplah menjadi padi yang semakin banyak berisi semakin menunduk.

Sesungguhnya hari yang paling utama adalah hari Jumat. Maka perbanyaklah membaca shalawat untukku pada hari itu. Karena bacaan shalawatmu pasti disampaikan kepadaku.

Teruslah berbuat baik meskipun melelahkan. Karena lelahnya akan hilang namun pahalanya akan terus mengalir. Salam Jumat barokah.

Jumat berkah. Banyak yang bilang hari Jumat adalah hari yang penuh berkah karena pahala berlipat bagi yang beribadah. Apalagi dibarengi dengan dzikir dan sedekah. Semoga kita semua menjadi umat muslim yang istiqomah. Selamat hari Jumat bagi saudaraku sekalian.

Selamat hari Jumat. Mari tingkatkan terus manfaat umur kita untuk bisa membantu orang lain. Minimal tidak memberatkan pekerjaan orang lain. InsyaAllah dibalas oleh Allah dengan kebaikan yang tidak terduga. Senyum itu ibadah, marah itu mudah. Sabar itu lebih indah.

Jumat- Hari yang penuh nikmat. Semoga hari ini selalu dipenuhi dengan rahmat.

Hai mentari...kita bertemu lagi...hai cerah...kita berteman lagi. Aku tau ketika Tuhan membuatmu indah. Pada hari Jumat yang penuh dengan berkah. 

Kata Kata Jumat Pagi Yang Bijak Untuk Status WA dan FB

Hidup adalah belajar. Mau tidak mau kita akan selalu belajar. Baik dengan kerelaan hati ataupun dengan paksaan dari lingkungan. Proses ini akan menuju pada suatu tujuan, tiada lain adalah membuat diri ini menjadi lebih baik. 

Selalu ada harapan bagi yang berdoa. Selalu ada jalan pertolongan bagi yang berusaha. Selalu ada yang terbaik bagi yang bertawakal. Yakinlah pada Allah. Salam hari Jumat.  

Jika hatimu adalah mawar jelita, yang keluar dari mulutmu. Pasti semerbak wanginya. 

Sebaik-baiknya waktumu, adalah kapan engkau menyadari kekuranganmu, dan engkau pun kembali mengakui kerendahanmu.

Terbanglah bebas laksana angin dan rasakan setiap detik hembusannya agar kau mengerti arti syukur yang sebenarnya. 

Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Bukan memperlakukan mereka sesuai dengan keinginanmu. 

Orang yang bahagia adalah orang yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian akan mencoba untuk bersabar.

Kerjakan apa yang kau bisa. Lakukan apa yang kau mau. Buktikan kepada dunia bahwa tangan tangan kita punya kemampuan yang hebat dan dahsyat. Sehingga bisa menghipnotis fatamorgana menjadi nyata. 

Banyak orang yang memiliki semangat, namun sayang beberapa saja perilakunya yang bermanfaat. 

Doa itu seperti bintik hujan. Kecil namun memastikan bekas. Jadi berdoalah sebanyak-banyaknya, karena daiantara banyak doa itu pasti ada doa yang Tuhan kabulkan.

Menasehati dengan berteriak, akan sulit diterima dengan hati yang lapang. Berbisiklah ketika mengingatkan kehilafan seseoraang. Agar niat baikmu tidak berbalas tuba. 

Kumpulan Kata Malam Jumat Lucu Terbaru

  • Semua pada bikin status sunah rosul, gak mikirin perasaannya janda.
  • STMJ, Siap tempur malam jumat.
  • Air beriak tanda tak dalam, istri berteriak tanda terlalu dalam.
  • Malam minggu hanya untuk mereka yang gak tau nikmatnya malam jumat.
  • Ini adalah malam dimana yang jomblo bingung keluar kemana, yang suami istri bingung ngeluarin dimana.
  • Kalo pas malam ini kamu dengar lolongan anjing, jangan langsung takut mungkin tetangga anda lagi gaya anjing.
  • Sekarang malam jumat tak doakan semoga istrinya pada haid semua.
  • Malam ini, malam wajib militer.
  • Papa cepat pulang, ingat malam jumat ojo dolan wae jatahe numpaki aku pah?.
  • Berakit-rakit kita kehulu, berenang kita sampai ketepian. ayo segera kita ke penghulu, agar tiap maljum tidak kesepian.
  • Wanita sering tidak konsisten, sering demo teriak teriak anti kekerasan. Pas ada maunya malah minta yang keras.
  • Apa artinya maljum jika ranjang di kamar ini tak berpenghuni.
  • Udah malem jumat lagi gusti, kasihan yang belum pada nikah.
  • Malam ini ada yang gerayangan, ada yang gentayangan, tiap orang punya cara masing-masing senang.
  • Malam jumat sering terjadi pada hari kamis.
  • Terima kasih Tuhan, karena hari ini Kau menyadarkanku bahwa aku di kirim ke dunia untuk bisa berguna bagi sesamaku.
  • Ya Allah, bantulah ibu untuk terus sehat. Agar senantiasa kami dijaganya, dilimpahinya dgn kasihnya yg bagai mentari.
  • Ya Tuhan, berkatilah pendidikanku utk saat ini dan ke depannya. Semoga apa yg kupelajari bisa menjadikanku seseorang yg berguna nantinya.
  • Ya Allah, jangan Kau butakan hati ini dengan harta, tahta dan kemaksiatan.
  • Ya Robbi, hanya dengan menghadapMu hati ini selalu merasa tentram dan damai.
  • Ya Allah, tetangga lagi sunah rosul aku kudu piye?
  • Aku lelah dengan pertengkaran kita, lelah dengan semua sikap kamu, lelah dengan jarang, ingin rasanya mengakhiri tapi tak mampu.
  • Ini bukan tentang jarak, ini lebih tentang bagaimana kita saling memberi dan menjaga kepercayaan.
  • Wahai wanita tenang saja mulai dari sekarang jangan takut ternoda selama masih ada rinso anti noda.
  • Mau mandi tapi belum siap lahir batin.
  • Strong. Stres tak tertolong.
  • Masa depan tergantung pada impian kamu. Maka pergilah tidur sekarang.
  • Kentut aja ada yang cium masa lo engga ada.
  • Kampret adalah ketika lu nutupin kejelekan dia, dia malah jelek-jelekin lu.
  • Kata cowok “barangnya cewek itu surga”, kata cewek “barangnya cowok itu setan”. Koq bisa ya setan masuk surga.
  • Setia di status, selingkuh di inbox lanjut di wa.
  • Bagi jomblo harap dirumah aja pada malam horor ini, kemungkinan besar banyak penampakan mantan yang lebih menyeramkan.
  • Untuk yang jandan dan jomblo harap di rumah aja pada malam yang seram dan horor ini karena kemungkinan besar akan ada banyak suara anjing dan menyeramkan dari tetangga.
  • Kalau ada yangn nanya kenapa gak malam mingguan, jawab aja lebih enak malam jumat.
  • Mau malam minggu kek, malam jumat kek buat yang jomblo mah sama aja tetap bahagia.
  • Emang kenapa kalau jomblo? di dalam kubur juga gak ditanyain enak gak malam ini di ranjang.
  • Gw mah boro-boro sunah rosul mau ngayal aja takut haram.
  • Tetap kalem walaupun sedang jomblo.
  • Stop untuk yang bilang malam ini malam buat sunah rosu, gua masih kecil gak tahu sunah rosul itu apaan.
  • Hidup itu cuma sebentar, ngejomblonya yang kelamaan.
  • Jomblo adalah orang yang paling kuat di malam ini, karena tidak mengeluarkan energi untuk tempur di malam ini.
  • Malam jumat sayang, mau tidur lagi apa mau lagi..
  • Malam ini sama malam minggu sama-sama menyeramkan.
  • Gw gak peduli sekarang malam apa, internet adalah kehidupan gw.
  • Katakan tidak untuk mengatakan malam ini horror, katakan yes untuk mengatakan narik kolor malam ini.
  • Malam jumat? ya yasinan lah.
  • saiki malam jumat, yuk shalwatan.
  • Maaf sedang sunah rosul, jangan chat dulu.
  • Biarpun gendut, kamu kuat banget malam ini.
  • Tong kosong bunyi nyarinya, kalau kue mu masih kosong boleh dong aku isiin.

Caption Dan quotes Lucu Malam Jumat

Cuma mau ngingetin aja.

Sebelum malam jumatan jangan lupa mandi tsayyy, biar ga drop pas mau perang

Cuacanyaa pas banget semoga pacar jemput malam jumat , eeh eehh
“diputusin pacar di malam jumat” termasuk horror gak yah?

Malam jumat gak punya pacar, mending nungguin pacar orang.

Gapapa malam minggu gak pacaran, yang penting kemarin udah malam senin, selasa, rabu, kamis, jumat, dan malam sabtuan sama pacar.

Malam jumat adalah malam terindah dimana semua pasangan menumpahkan keringat kebahagiaan dan kenikmatan.. Pacar mana pacar?

Malam Jumat. Lilin nya jangan mati ya, nanti pacar nya berubah wujud.

Malem Minggu tanpa pacar = malam jumat

Malam jumat bawa obor nyari belut, pas dapat belutnya lagi pacaran. yang nangkep jomblo.

ngenalin pacar ke orang tua untuk pertama kali itu lebih horror dari malam Jumat Kliwon.

Yang tidak boleh dilakukan bersama pacar ketika malam jumat: Nananina dengan pembenaran “sunah rosul”., dan Ngajak malam mingguan.

Entah mana yang lebih seram di malam jumat ini. Melihat mantan pacar di depanmu, atau pacar baru yang tengah digandengnya saat ini.

Aku gak pernah takut malam Jumat, yang aku takut ketika Mama kamu bilang “Mama gak suka liat pacar kamu yang sekarang, jauhin ya nak”.

Baca juga : 100 Pantun Lucu Dan Gokil Serta Penuh Cinta

Kumpulan Gambar Malam Jumat Lucu Gokil Untuk Status WA dan IG

Kata Hari Jumat
Kata kata Hari Jumat
Kata kata malam juamt
Kata kata malam juamt
gambar malam jumat
gambar malam jumat lucu
Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *