Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

2 Cara Mudah Instal WordPress Untuk Pemula, Pro Dilarang Masuk

3 min read

2 Cara instal Wordpress

Belajar WordPress – 2 Cara Mudah Instal WordPress Untuk Pemula, Menginstal WordPress mungkin sebuah pekerjaan yang mudah untuk para pemuda pemudi blogger yagn udah terbiasa. Namun tidak dengan mereka yang belum bisa atau bahkan baru kali pertama menapakkan jari di CMS wordpress. Karena jika anda mengawali dari awal menggunakan wordpress tidak hanya edit custom domain atau setting tema/template blogspot.

Di wordpress yang self hosted alias kalian beli sendiri hostingnya. harus belajar memanage. Dan pertama kali yang harus kalian lakukan tentu instalasi dari wordpress itu sendiri. Yup WordPress pada selfhosted tidak langsung di sediakan seperti blogspot.

baca juga : Cara Instal Theme WordPress Dengan Beberapa Cara Mudah

Begitu pula dengan dengan domain dan juga hosting tidak bisa langsung terhubung begitu saja gaes. So pada artikel kali ni saya akan memberikan sedikit pencerahan, ciyeeeeh. bukan pencerahan namn lebih ke sharing dari apa yang saya bisa saja. Saya bukan pro di bidang ini hanya sekedar bisa, udah itu aja.

Cara Pointing atau ganti Nameserver Domain ke Cpanel WordPress

Sebelum masuk pada pembahasan utama yakni instalasi wordpress di cpanel. Pertama kamu harus mendaftarkan domain kamu terlebih dahulu. Untuk akun cpanel yang pertama kali beli biasanya sudah terdaftar secara otomatis waktu pertama order hosting.

Sekarang tinggal di pointing saja domain tersebut ke Ip server kamu. Cara pertama menggunakan direct langsung ke domain

Pointing Domain WordPress Direct

  • Masuk ke panel penyedia domain milikmu, atau dashboard domain milikmu.
  • lalu cari tab nameserver.
Pointing atau ganti Nameserver Domain ke Cpanel WordPress
Ini tampilan dashboar domain di niagahoster kolom nameserver ini samakan dengan nameserver yang kamu dapat dari penyedia hosting milikmu.
  • Lanjut, sekarang buka dashboard layanan hosting milikmu
ganti Nameserver Domain
nah disana ada nameserver 1 dan 2 kan, kedua nameserver tersebut masukkan ke kolom nameserver di layanan domain punyamu.
  • Setelah semua beres, tunggu beberapa saat, biarkan domain dan hosting terpropagasi dengan baik.

Udah beres kan soal memasang domain di wordpress atau pointing domain di wordpress. Mudah kan, kalau bingung segera utarakan pertanyaan kamu ke saya, bisa via, komen atau email langsugn ke saya ya gaes. Lanjutlah

Nanti ada dua jenis instalasi wordpress unutk online dan offline. Yang online nanti di instal via Cpanel Dan Direct Admin.

Cara Instal WordPress di Cpanel dan Direct Admin

Yup sementara pilihannya dua itu dulu, kalau ada pertanyaan lain masuk baru akan saya tambahkan lagi, tentunya dengan mengupdate artikel disini.

Cara Instal WordPress via Cpanel dengan Softacolous

Yup Cpanel merupakan salah satu panel yang paling banyak digunakan para penyedia hosting di Indonesia bahkan dunia, karena apa ?. Karena layanan yang diberikan Cpanel sendiri cukup lengkap dan mudah digunakan dibandingkan dengan panel lainnya.
Cpanel juga sering melakukan update security sehingga para penggunanya tidak ketir – ketir dengan data yang tersimpan didalamnya.

Salah satu software dalam cpanel yang akan kita gunakan untuk menginstal wordpress adalah Softacolous. Dengan softacolous ini kmu bisa nginstal WP dengan sangat simpel dan mudah banget. Gak pake bingung serta cepat bwanget loh gaesss.

Tentu saja kamu tidak akan mendapatkan cpanel secara gratis, kamu haru sewa atau beli hosting dulu. Kalau belum punya coba beli disini : Hosting Murah . Kalau sudah kamu nanti akan diberikan akses untuk masuk ke dashboard cpanel.

Dari sini saya asumsikan kalian sudah paham dan sudah pnya akses masuk ke cpanel, serta kalian juga sudah melakukan pendaftaran domain ataupun addon domain didalam akun cpanel ini. lanjuut :

  • Pilih softaculous apps installer (biasanya di bagian bawah cpanel nih)
  • Masuk di dalam softaculous ada beberapa pilihan CMS, Langsung pilih saja WordPress.
Instal WordPress

Halaman instalasi berisi kolom-kolom isian yang diperlukan, dan berikut ini penjelasannya

Software Setup

  • Choose the version : Pilih versi WordPress yang ingin diinstal. Paling bagus adalah versi terbaru
  • Choose Protocol : Pilih mode http atau https, ini harus disesuaikan dengan websitenya apakah http atau https (kalau milih mode HTTPS, domain kamu harus sudah didaftarkan SSL nya, kalau saya pakek lets encrypt bawaan cpanel, saya rasa sudah cukup hehe.
  • Choose Domain : Pilih domain, temukan nama domain yang akan dipasangi WordPress,
  • In Directory : harap dikosongkan, biasanya disana defaultnya ada text ‘wp‘ dan itu silahkan dihapus

Site Settings

  • Site Name : Buat judul website, misal Tutorial WordPress Pemula
  • Site Description : Buat deskripsi singkat tentang website baru ini
  • Enable Multisite (WPMU) : Jangan dicentang, abaikan saja

Admin Account

  • Admin Username : Buat username atau nama pengguna untuk login
  • Admin Password : Buat password untuk login
  • Admin Email : Masukkan alamat email yang valid

Choose Language

  •  Select Language : Pilih bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar untuk memudahkan pengelolaan website

Select Plugins

  • Pilih centang pada plugin Classic Editor, plugin ini memudahkan untuk pengelolaan Pos dan Laman (saya tidak menggunakan classic editor karena udah terbiasa dengan gutenberg sih, so terserah kalian mau pake classic atau gutenberg.

di proses terakhir dari instali ini kamu akan diberikan URL untuk login atau masuk ke dashboard WordPress milikmu. Biasanya domainnya kaya gini kalau default . Dan anda sudah siap untuk mengeksplore lebih jauh bagaimana keindahan dan kenikmatan menggunakan wordpress ini.

Baca juga :

Cara Instal WordPress Via Direct Admin

Coming Soon

Pada saat nulis artikel ini mata saya entah kenapa mendadak kabur, dan setelah saya periksakan, otot mata saya terlalu lelah, jadi harus rehat dan mengurangi interaksi dengan layar komputer dan HP. So sabar ya gaess.

Sekian Cara mudah instal wordpress via cpanel dan direct admin yang bisa saya sajikan untuk kalian semua. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang akurat dan keren. Jika ada kekurangan atau kalian bingung, bisa meninggalkan pertanyaan berupa komentar dibawah. Pertanyaan yang belum ada jawabannya di artikel ini sajalah yang akan saya approve.

So terima kasih dan sampai jumpa lagi gengs.

Miya Innayesha Seorang penulis dan blogger asli lamongan tanpa basa basi wkwkwkwkkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *